kisah seorang pengemis

Disuatu hari ada sepasang suami istri dari keluarga kaya raya,sedang makan siang di sebuah rumah. tiba-tiba pintu rumahnya diketuk...lalu sang istri membukakan pintu tersebut, ternyata diluar berdiri seorang pengemis.. kemudian si istri masuk kembali ke rumah dan mengambil sedikit makanan untuk pengemis tersebut dengan meminta izin kepada suaminya terlebih dahulu... tetapi sang suami tidak mengijinkan dan menyuruh sang istri menutup pintu dan mengusir pengemis tersebut.
Singkat cerita beberapa tahun kemudian usaha suaminya mengalami kebangrutan, banyak timbul masalah keuangan, hingga setiap hari mereka bertengkar dan akhirnya bercerai...
beberapa tahun kemudian si wanita menikah lagi dengan seorang pengusaha sukses pada masa itu, suatu hari ketika sedang makan siang lalu pintu rumahnya diketuk seseorang, kemudian sang istripun membukakan pintu, ternyata diluar berdiri seorang pengemis, lalu sang istri pergi ke dapur kemudian mengambil sedikit makanan untuk diberikan kepada pengemis tersebut dengan memnta izin suaminya terlebih dahulu. dengan lembut sang suami mengijinkan istrinya memberi makanan tersebut.
Ketika memberikan makanan kepada pengemis, si istri dengan seksama memperhatikan wajah pengemis tersebut, lalu ketika masuk kedalam rumah menangislah ia, dengan terheran sang suami bertanya "kenapa kamu menangis? apakah kamu menangis karna telah memberikan makanan tersebut?" si istri menjawab "bukan" "lalu kenapa?" "tadi ketika aku memberikan makanan kepada pengemis itu, lalu ku perhatikan wajahnya, ternyata dia adalah mantan suamiku yang dulu sebelum aku menikah denganmu." dengan tersenyum ang suami menjawab "tahukah engakau siapa aku? aku adalah pengemis yang dulu diusir olehnya."

0 komentar: