13 Langkah Meraih Ramadhan Terindah

Ada 13 langkah pahala yang harus kita peroleh secara maksimal diramadhan blnramadhan.keseluruha nnya adalah harapan akan keselamatan kita dunia dan diakhirat. Semoga kita dikuatkan Allah SWT untuk meraih Ramadhan terindah di tahunini.
1. Perbanyak ShalatShalat di bulan Ramadhan menyimpan pahala sangat besar. Dibulan ini,sholatsunnah bernilai shalat wajib, dan sholat wajib bernilai sama dengan minimal 70kali sholat wajib bulan yang lain. "Rasulallah saw bersabda: " barangsiapa yangsabar melakukan shalat 12 rakaat dalam satu hari satu malam, maka ia akan masuksurga." (HR An.Nasai). "Rasulallah bersabda; " Barangsaiapa yang shalat dalamsatu hari satu malam dua belas rakaat, selain shalat wajib, dibangunkan untuknyasebuah rumah di surga."(HR Muslim)
2. Tingkatkan Kualitas PuasaImam Ghazali dalam Ihya membagi bobot puasa menjadi
3.1.puasa awam => yakni menahan makan, minum, syahwat kepada lawan jenis di sianghari dibulan puasa.2.puasa Khawash, yaitu puasa anggota badan dari yang haram, menahan mata, dariyang haram, menahan tangan dari yang haram,menahan tangan dari yang tidak hak,menahan langkah kaki dari jalan menuju yang haram, manahan telinga darimendengarkan yang haram termasuk ghibah.
3.ketiga adalah puasa Khawashul Khawash yaitu mengikat hati dengan kecintaanpada Allah SWT, tidak memperhitungkan selain Allah, membenci prilaku maksiatkepada-Nya.3. Jangan Sia-siakan waktu malam, Lakukan Qiyamul Lail.Sebaik-baik nikmat setelah islam adalah nikmat menyendiri bersama Allah SWT.Berdiri dan berzikir di hadapan Allah jelas lebih baik dari tidur terlentangdiatas kasur. Qiyamul lail adalah madrasah yang agung dari madrasah pembinaandiri. Tidak ada yang mampu melakukannya kecuali orang-orang yang ikhlas.
4. Basahi lidahmu dengan Dzikrullah.Dzikrullah adalah indikator hidupnya mati. Dzikrullah adalah peristirahatan bagijiwa. Seorang Tabi'in mengatakan, "Sesungguhnya di dunia ini ada surga. Orangyang belum memasuki surga dunia, tidak masuk ke dalam surga akhirat. Surga duniaitu adalah dzikrullah."
5. Jangan ragu keluarkan Shadaqah.Berinfaqlah. Dan jangan pernah takut miskin karena infaq, karena Allah pemilikArsy tidak pernah kehabisan memberi kepada orang yang berinfaq. Diantara cahayaShadqah: Allah SWT berfirman:"Siapakah yang mau memberi pinjaman kepadaAllah,pinjaman yang baik (Menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akanmelipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak. Dan Allahmenyempitkan dan melapangkan (rizki) dan kepada-Nyalah kamudikembalikan."(QS.Albaqarah: 245) Rasulallah saw bersabda:"Saya dan orang yangmemelihara anak yatim di surga seperti ini."Rasul menunjukan dua jari, jaritengah dan telunjuk.(HR Ahmad)Dalam sebuat atsar disebutkan perkataan: Obatilah orang-orang sakit di antarakalian dengan bersedekah"Malaikat berdoa setiap hari kepada Allah: "Ya Allah berilah ganti kepada orangyang berinfaq. Ya Allah sempitkan (rizki) orang yang kikir."Keuntungan:- Simpanan yang dipenuhi dengan kebaikan disis Allah SWT.- Bertambahnya rizki di dunia. Dalam sebuah hadist Qudtsi, Allah SWT berfirman:"Barangsiapa yang menginfaqkan hartanya di jalan Allah, akan Aku tulis untuknya700 kali lipatan pahala."(HR Turmudzi)- Dalam sebuah atsar disebutkan: "Berinfaqlah, maka Allah akan memberi infaqkepadamu."
6. Jangan sia-siakan waktu, Bacalah Al Qur'anMembaca Al Qur'an adalah ibadah paling utama di bulanRamadhan.Bersungguh -sungguhlah mengkhatamkan AlQur'an lebih dari satu kali dibulan Ramadhan. Rasulallah bersabda: "Kalian tidak akan sampai pada puncakkeimanan sampai tidak ada sesuatu yang lebih kamu cintai daripada Allah SWT. Danbarangsiapa yang mencintai Alqur'an maka Allah akan mencintainya."
7. Taubat, sekarang jugaTaubat adalah penyesalan atas perilaku kemaksiatan, dan jauh dari mengulangidosa serta tekad untuk tidak mengulangi dosa serta tekad untuk tidakmengulanginya lagi. Semua kita memerlukan taubat setiap hari dari banyaknyadosa-dosa yang kita lakukan. Dalam Haditsnya Rasul SAW juga mengatakan,"Barangsiapa yang mendekatkan diri kepadaKu satu jengkal maka aku akanmendekatinya Satu Hasta. dan barangsiapa yang mendekatiKu satu hasta, maka Akuakan mendekatinya satu depa. Dan barangsiapa yang mendekatiKu dengan berjalan,Aku akan mendekatinya dengan berlari."(HR Muslim)
8. Bertahanlah untuk i'tikaf di dalam MasjidI'tikaf adalah sunnah yang selalu dilakukan Rasulallah SAW pada sepuluh hariterakhir di bulan Ramadhan. Bahkan pada tahun terakhir ketika beliau wafat,Rasulallah melakukan i'tikaf selama 20 hari. I'tikaf adalah tinggal di masjiduntuk beribadah, meninggalkan urusan dunia dan kesibukannya. Seorang yangi'tikaf tidak keluar dari masjid kecuali karena darurat.
9. Ridhalah atas segala Ketetapan-NyaOrang yang yang paling gembira di dunia adalah orang yang paling ridha denganketetapan Allah SWT. Keridhaan adalah tingkatan paling tinggi dari sifat sabar.
10. Lapang Dada dan mudahlah memaafkan orang lain.Termasuk indikator paling jelas dari sikap lapang dada dan mudah memaafkanadalah kemampuan menahan marah, terutama saat kita mampu melampiaskan kemarahanitu, sikap menahan marah merupakan sikap Nabi. Rasulallah saw bersabda:"Barangsiapa yang mampu menahan marah padahal ia bisa melampiaskan kemarahannya.Allah akan memanggilnya pada hari kiamat di depan kepala para mahluk danmemberinya kebebasan untuk memilih bidadari mana yang ia ingini.
11. Sambunglah Hubungan Baik dengan Siapapun.Seperti wasiat Rasul saw, " Keutamaan yang paling utama adalah engkau menyambunghubungan yang baik dengan orang yang memutuskan hubungannya denganmu. Danmenyalami orang yang mencacimu." (HR Ahmad)
12. Bahagiakan Orang TuaKita sangat memerlukan orang yang mau belajar kembali bagaimana caranya berbaktikepada orang tua. Bagaimana caranya menyalami dan mencium tangan mereka?Bagaimana caranya membantu mereka? kita telah banyak menyia-nyiakan hak keduaorangtua. Dalam hadits riwayat muslim,Rasulallah saw bersabda,"Rugi danbangkrutlah orang bertemu dengan kedua-orangtuanya saat mereka sudah tua-salahsatu atau keduanya- tapi keadaan itu tidak bisa menyebabkannya masuk Surga."(HRMuslim)
13. Serius meraih Lailatul QadarMalam yang paling mulia dalam satu tahun. Tidak ada keutamaan yangmenyerupainya, ibadah pada malam ini lebih baik dari 1000 bulan.Kapankah malamLailatul qadar? sejumlah hadits menyebutkan nalam tersebut jatuh pada salah satumalam sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, terutama malam-malam ganjil.Rasulallah saw bersabda:"Barangsiapa yang bangun di waktu malam lailatul qadardengan penuh keimanan dan pengharapan, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanyayang terdahulu."(HR Bukhari)
Keuntungan:
- Ampunan semua dosa yang telah lalu
- Kita bisa memperoleh apa yang kita inginkan berupa rizki dan keluarga yangshalih.
- kita bisa terbebas dari neraka karena malam ini.
Wassalam,

0 komentar: